Pages

Tuesday, March 18, 2014

Belajar Merakit Ampli Player

Belajar Merakit Ampli Player - Bismillahirrohmanirrohim, Selamat sore menjelang malam blogger Indonesia, beberapa hari ini saya tidak update artikel dikarenakan ada kesibukan yang disengaja saya buat, mungkin anda semua sudh tahu apa kesibukan yang membuat saya tidak update. Pasti jawabannya lagi sibut merombak radio jadul. Jawaban itu sangatlah benar, memang selama dua hari ini saya betul-betul ngoprek radio unik tersebut, bahkan sampai malam ini juga rakitan radio tersebut masih belum saya pasang. Kalau untuk radio FM dan power untuk suara sudah selesai saya rakit, bahkan malam saya merangkai power untuk mengeluarkan suara atau ampli player dari Radio FM Tuner selesai sampai jam satu teng.

Kebetulan ampli player tersebut saya buat stereo, agar suara yang di keluarkan enak didengar pas di hati. Kebetulan juga saya ada IC yang tidak terpakai (bekas) yang sudah lama tersimpan ditempat rongsokan gudang rumah, setelah saya cari-cari akhirnya saya menemukan empat IC tipe yang sama yaitu TDA 2005, tanpa pikir panjang lagi langsung saya babat dari PCB radio butut yang sudah tidak terpakai, setelah saya bersihkan dari sisa-sisa solderan kaki-kaki IC TDA 2005 tersebut saya pasang dua biji karena memang untuk menjadi stereo harus memakai dua biji IC, Dan inilah gambar power Audio yang sudah selesai saya rakit semalam, namun power audio ini belum saya pasang karena kendala terlalu besar memakan daya tegangan hingga suaranya menjadi oper, walaupun input sudah saya beri votensio. Kendalanya adalah tegangan Travo yang kurang memadai, power ini saya coba dengan travo 2 A, harusnya minimal memakai 3 A. Sehingga catu daya-nya bisa maksimal, silahkan di lihat screen shoot-nya.

Tuner FM dan Power Audio
Gambar Zigzoor bog
Power Audio
Gambar zigzoo blog
Nah sobat blogger, itulah sedikit info tentang kemajuan perombakan Radio jadul yang antik itu, sedangkan untuk casing masih dalam tahap pengukuran, dikarenakan untuk tambahan pengaturan audio power ini mesti di tambah lagi dengan pengaturan suara, untuk tambahannya ada satu mesin lagi nama dari mesin tersebut ialah  Tone Kontrol. Tone kontrol terbagi dari macam-macam untuk perubahan suara, di antaranya Bass, Treble, Balance dan volume. Dari situlah suara yang keluar dan akan masuk ke Power audio atau Ampli player dan suara akan menjadi enak di dengar.

Demikianlah sedikit info tentang seputaran radio jadul yang sampai hari ini masih dalam proses pembaruan agar menjadi radio modern, dan casing jadul komponen modern, terima kasih dan salam blogger.

Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment